Minggu, 01 Februari 2009

PISANG



PISANG

Buah pisang hampir setiap orang sudah mengenalnya. Buah ini biasanya di hidangkan di meja makan, dan orang kebanyakan memekanya setelah selesai makan, baik itu makan siang ataupun makan malam, buah ini banyak sekali mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita. Di Indonesia buah pisang banyak sekali jenisnya, bahkan kini sudah beredar pula pisang dari luar negri seperti:

  • Pisang Cebol (pendek) dari bangkok
  • Pisang Cavendish

Dari kedua jenis pisang diatas anda dapat menemukan bibitnya di “NYOTO TANI”.

Tidak hanya pisang dari luar, pisang lokal pun dapat ditemui di “NYOTO TANI”

Misal:

· Bibit pisang raja

· Bibit pisang uli

· Bibit Pisang Tanduk

· Bibit pisang kepok besar

Tanaman pisang ini asli dari Asia Tenggaradan beredar dengan suburnya di Indonesia.

Tanaman pisang dapat di tanam di segala tempat, baik itu tanahnya miring ataupun datar, namun untuk menghasilkan yang optimal pada tanah yang datar dan dengan ketinggian 500-600 m dpl

Pohon pisang ini dapat dikatakan serbaguna karena tidak hanya di ambil buahnya melainkan daunnya juga bisa digunakan untuk pembungkus, sedang kulit batangnya dapat di gunakan bermacam macam kerajinan dan sebagai bahan dari tas ataupun untuk tali.

Buah pisang tidak hanya enak di makan dalam keadaan segar, melainkan juga bisa digunakan sebagai bahan olahan misalnya:

  • Sale pisang
  • Dodol pisang
  • Keripik pisang dll

Bahkan pisang-pisang tertentu dapat juga direbus, digoreng ataupun di buat kolak pisang.

Pisang Raja

Pisang Raja banyak sekali kegunaannya, selain di makan segar juga dapat di buat masakan olahan, malahan dapat pula digunakan sebagai buah yang biasa digunakan dalam acara ritual. Pisang raja daging buahnya berwarna kuning kemerah-merahan pada waktu sudah masak, rasanya manis sekali, legit dan harum, namun kulit buahnya agak tebal.

Pisang Tanduk

Pisang ini hanya enak di komsumsi sebagai makanan olahan saja, tidak Cuma untuk dimakan secara segar, pisang tanduk buahnya besar dan

Panjang, kulitnya tebal, berwarna kuning hendak masak.

Daging buahnya berwarna kuning ke merah merahan kalau sudah masak, rasanya manis dan legit, paling enak di goreng atau di rebus bahkan di

Bakar.

Pisang Kepok

Pisang ini sifatnya seperti pisang tanduk, hanya enak dibuat sebagai

Olahan saja,tidak enak untuk dikomsumsi secara segar. Daging buahnya ada yang berwarna putih dan warna kuning kalau sudah masak, rasanya manis dan ada yang legitkalu di rebus.

Kulit buah berwarna hijau dan berubah jadi kuning kalau sudah masak.

Pisang Cavendish

Pisang ini hanya enak untuk di komsumsi secara segar, dan hanya dikomsumsi sehabis makan. Pisang Cavendish mempunyai tandan yang panjang, malah ada yang dapat mencapai 12 sisir, pisang ini sepintas mirip pisang ambon, tapi kulitnya lebih tebal dan keras. Kulit buah berwarna kuning muda bahkan sudah masak, dan rasanya manis.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar