Sabtu, 07 Februari 2009

BELIMBING




















Pada belimbing tergolong mudah untuk ditanam dalam pot ataupun di tanah, dan mudah pula pembuahannya, Bahkan Tambolapot belimbing mampu berbuah terus sepanjang tahun.


Meski buah belimbing ini bukan asli
Indonesia, tetapi hamper semua orang pasti sudah mengenal buah belimbing. Karena punya nilaikomersial tinggi maka sekarang banyak bermunculan penangkar-penangkar pohon belimbing. Misalnya di Negara tetangga kita Malaysia, mereka getol menciptakan klon-klon baru varitas belimbing, seperti klon B10 dan B2

Di Indonesia pun tak kalah ramai nya banyak bermunculan penagkar-penagkar tanaman belimbing dengan varitas baru. Misalnya:

· Belimbing Dewi

· Belimbing Dewa

· Belimbing Sembiring dll

Pada hakekatnyapenanaman buah belimbingdalam pot seperti pada tambulampot hanya untuk mendaoatkan tanaman di pot yang baik dan mampu

Berbuah, maka syarat-syarat berikut harus dipenuhi, misalnya:

· Pot nya harus memadai besarnya.

· Media tanam harus cukupkandungan haranya, misalnyaterdiri dari *tanah subur *pupuk Kandang*pasir daya pembaginya (1:1:1)

· Pohon harus cukup menerima sinar matahari

· Penyiraman yang cukup, misalnya 1 hari 2 kali kalau sedang panas terik.

· Pemangkasang tanaman (untuk membentuk percabangan)

· Penggantian pot ± 6-12 kl sekali

Buah belimbing selain di makan segar juga dapat di pergunakan berbagai olahan , karena buah belimbing kaya akan gizi, maka buah belimbing sendiri memiliki kasiat untuk kesehatan konon bahkan dapat untuk mengobati:

· Tekanan darah tinggi

· Radang lambung

· Kencing manis

· Malaria

· Rematik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar