Sabtu, 07 Februari 2009

MANGGA














Buah mangga adalah salah satu buah unggulan untuk Indonesia, buah mangga sangat di gemari di Indonesia, sangat banyak jenisnya dan hampir tersebar di seluruh nusantara.Maka itu tak heran bahwa di Indonesia boleh dikatakan punya musim sepanjang tahun.

Karena

· Di bulan Januari-Juni musim buah ada di daerah, Lampung, Riau, Sumbar, Sulut, Sultra, NTT, NTB, Maluku ,Irja, Sumut, Aceh dan Sulteng.

· Pada bulan Juli – September ini merupakan musim panen kecil sudah di mulai

· Pada bulan Oktober-Desember ini merupakan musim panen raya, Musim mangga pada bulan ini ada di wilayah Bengkulu, Sumsel,Jambi,DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DI Jogjakarta, Jatim, Kalteng, Kalbar, Kalsel, Kaltim, Bali dan Tim-tim.

Dengan demikian peaktis musim mangga ada terus sepanjang tahun. Di Indonesia pohon mangga cocok dan dapat berbuah baik apabila di tanam pada ketinggian 0-1000 m dpl, tetapi paling maksimal pada ketinggian 600 m dpl, dengan curah hujan 700-2.500 mm / th dengan suhu 28 derajat – 30 derajat celcius.

Bunga mangga dari mulai kuncup sampai masak buahnya memerlukan waktu antara 3-4 bulan. Pohon mangga dapat bagus hasilnya baik di tanam, di pot / drum atau di tanam di tanah.

Perbanyak pohon mangga bisa di lakukan dengan berbagai cara.antaralain :

· Cangkok

· Susui

· Tempel Mata

· Dan masih banyak dengan cara lain

Buah mangga selain enak di makan buahnya, begitu saja, disamping mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita, juga bisa di buat olahan misalnya:

· Sirup

· Dodol

· Manisan

· Asinan

Ada pun pohon mangga yang biasa tumbuh dan berbuah bagus di Indonesia antara lain:

1. Mangga dari luar / Negara tetangga

· Mangga Chokanan

· Mangga Khieo Sawaei

· Mangga Nam Dog Moy

· Mangga Irwin

· Mangga Falan

· Mangga Cing Nang Wan

· Mangga Saw-swa

· Mangga Margarine


2. Mangga Lokal

· Mangga Harum Manis

· Mangga Situbondo

· Mangga Manalagi

· Mangga Gedong Gincu

· Mangga Golek

· Indramayu


Semua mangga tersebut ada di “ NYOTO TANI”.

1 komentar:

  1. Pak Nyoto..bisa nggak di-post-kan gambar mangga situbondonya ? waktu saya ke sana dulu penasaran banget sama mangga tersebut.Mohon di follow up ya Pak,mungkin teman-teman pemerhati yang lain juga sama - pengen tahu.Matur suwun sanget Pak.

    BalasHapus